PEMBACA

Terbukti 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Terbukti 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami dan Cepat

Banyak hal yang dapat memicu munculnya jerawat, mulai dari makanan, kebersihan kulit, hormon, hingga tekanan emosi. Pada remaja, jerawat bisa terjadi akibat perubahan hormon pada masa pubertas. Agar tak mengganggu penampilan, terapkan cara menghilangkan jerawat yang tepat bagi kulitmu.
Jerawat terjadi ketika sel kulit mati dan minyak di kulit menyumbat pori-pori serta folikel rambut. Salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah penggunaan bahan alami. Jika kamu sudah menggunakan beragam jenis obat jerawat tapi tak kunjung sembuh, jangan sedih.
Berikut ini adalah beberapa cara menghilangkan jerawat yang efektif dan aman untuk kulitmu:

1. Mengatasi Jerawat dengan Madu

cara menghilangkan jerawat dengan madu
Madu memiliki efek antibakteri yang dapat membantumu menangani jerawat - dokterbabe
Cara menghilangkan jerawat yang pertama dan mudah sekali kamu lakukan adalah dengan madu. Madu, khususnya madu manuka, dipercaya dapat menghilangkan jerawat di wajah. Pasalnya, madu ini mengandung antibakterial yang sangat bagus untuk menghilangkan jerawat dan menyembuhkan luka.
Selain itu, kamu juga bisa menggunakan campuran madu dengan bubuk kayu manis untuk menghilangkan jerawat. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok makan bubuk kayu manis, dan tiga sendok makan madu.
Setelah diaduk hingga tercampur sempurna, kamu bisa memasukannya ke dalam microwave selama 30 detik agar tidak terlalu panas. Kemudian oleskan ke wajahmu, dan diamkan kurang lebih hingga 10 menit. Setelah itu, bilas wajahmu hingga bersih.
Baca Juga: Mari Raup Manfaat Madu Untuk Wajah Yang Sehat dan Bersih!

2. Gunakan Toner Alami dari Cuka Sari Apel

cara menghilangkan jerawat dengan cuka sari apel
Cuka sari apel berfungsi sebagai antiseptik alami untuk kulit berjerawat - dokterbabe
Selain menggunakan madu, kamu juga bisa menggunakan cuka sari apel sebagai salah satu cara menghilangkan jerawat di wajah. Cuka sari apel mengandung antiseptik alami, sehingga dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.
Caranya mudah, kamu hanya perlu mencampurkan 2 sendok teh cuka sari apel dengan 50 ml air.
Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa menggunakan kapas yang dicelupkan sedikit ke dalam larutan tersebut. Oleskan selama sekitar 2 menit ke bagian wajahmu yang berjerawat, lalu bersihkan dengan air hangat.

3. Rawat Wajahmu dengan Masker Yogurt

cara menghilangkan jerawat yogurt
Rutin menggunakan yogurt juga dapat membantu menyembuhkan kulit berjerawat - dokterbabe
Manfaat yoghurt tidak hanya untuk diet, yogurt juga bisa dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat di wajahmu. Pasalnya, kandungan di dalam yogurt dipercaya dapat menyembuhkan luka kulit dan melembapkannya secara alami.
Cara membuatnya cukup mudah, kamu bisa mencampurkan satu sendok makan yogurt yang dicampur satu sendok makan madu. Lalu, oleskan secara merata ke bagian wajahmu.
Setelahnya, diamkan selama 10 menit, baru kemudian bersihkan lembut dengan menyekanya menggunakan kain lembap.

4. Hilangkan Sel Kulit Mati dengan Garam Laut

cara menghilangkan jerawat dengan scrub
Lakukan pengelupasan sel kulit mati dengan scrub dari garam laut - dokterbabe
Pori-pori tersumbat dan sel kulit mati dapat menyebabkan jerawat di wajah. Sehingga sangat penting bagi kulit untuk melakukan regenerasi untuk menghilangkan penumpukan.
Nah, untuk mengatasinya kamu perlu menggunakan scrub secara teratur. Tidak melulu harus beli, scrub juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Caranya, siapkan garam laut, gula merah dan kulit gabah.
Sebagai campurannya, kamu dapat menggunakan minyak kelapa, kefir dan madu. Campuran ini bisa membantu untuk melawan bakteri dan jamur berlebih pada kulit. Sedangkan bahan bertekstur membantu dalam menghilangkan kulit mati.
Konsultasi Dokterbabe
"Bagaimana cara menghilangkan kan bekas jerawat yang membandel, saya udh mencoba berbagai tumbuhan dan berbagai cara namun hasilnya nihil ? Mohon penjelasanya"
Cara membuatnya, campurkan dua sendok makan bahan kering seperti garam laut, gula merah atau kulit gabah dengan sekitar 2 sendok makan campuran lainnya. Gosok secara perlahan pada kulit wajah dalam gerakan memutar. Mulai dari dahi kemudian ke bagian bawah.
Akan tetapi, lebih berhati-hati pada bagian yang berjerawat ya, karena scrub berlebih pada bagian berjerawat malah bisa merangsang inflamasi. Setelahnya bersihkan dengan handuk atau kain yang agak basah, lalu bilas hingga bersih.

5. Oleskan Jerawat dengan Antiseptik Alami

cara menghilangkan jerawat dengan minyak pohon teh
Cobalah tea tree oil untuk melawan bakteri penyebab jerawat - dokterbabe
Jerawat dapat bereaksi tehadap melaleuca, atau yang lebih dikenal sebagai tea tree oil atau minyak pohon teh. Minyak ini banyak digunakan di seluruh dunia sebagai antiseptik dan mengobati luka karena mampu melawan bakteri serta jamur.
Penelitian menunjukkan bahwa gel yang terbuat dari minyak pohon teh memiliki kandungan lima persen lebih efektif dibandingkan senyawa benzoyl peroxide (benzoil peroksida). Meski begitu, reaksi setiap orang terhadap minyak ini mungkin akan berbeda satu dengan yang lainnya.
Baca Juga: Keamanan Obat Jerawat Alami Untuk Kulit Anda
Jika kamu tertarik menggunakannya, hal yang perlu kamu ingat adalah kamu harus mencampurkannya dengan minyak lain. Pasalnya, minyak ini termasuk keras jika langsung dioleskan ke kulit.
Kamu bisa mencampurkan minyak ini sekitar 8 tetes dengan satu sendok teh minyak jojoba atau minyak kelapa. Oleskan ke bagian wajah yang berjerawat Selain itu, hindari penggunaan di daerah mulut atau bahkan tertelan. Minyak ini dapat menyebabkan reaksi beracun mulai dari ruam hingga koma.

6. Melembapkan Kulit dengan Minyak Kelapa

cara menghilangkan jerawat dengan minyak kelapa
Kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat - dokterbabe
Cara menghilangkan jerawat selanjutnya adalah dengan menjaga kelembapan kulitmu dengan minyak kelapa. Meski munculnya jerawat dapat disebabkan oleh kulit berminyak, menjaga kelembapan kulit yang berjerawat tetap harus diperhatikan.
Senyawa asam laurat yang terdapat di dalam minyak kelapa memberikan reaksi yang kuat dalam melawan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung antioksidan dan asam lemak yang dapat membuat kondisi kulit dan rambut lembap dan sehat.
Untuk pelembap sehari-hari, cukup hangatkan sekitar seperempat sendok teh minyak kelapa, ratakan pada telapak tangan dan usapkan ke seluruh bagian wajah dan leher.
"Minyak kelapa (coconut oil) dapat digunakan sebagai tabir surya alami untuk wajah dan diteliti memiliki nilai SPF 8 - dokterbabe"
Minyak akan menyerap ke dalam kulit selama lima menit. Bersihkan minyak dengan lembut menggunakan kain kering. Jumlah minyak yang telah terserap akan sesuai dengan yang dibutuhkan kulit untuk melembapkan.
Minyak kelapa juga berfungsi sebagai tabir surya alami untuk wajah. Jika dibandingkan dengan tabir surya komersial yang dikemas dengan bahan kimia berbahaya yang dapat mengiritasi kulit sensitif dan kulit berjerawat. Penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memiliki nilai SPF 8, seperti halnya minyak zaitun.

7. Menghilangkan Jerawat Lewat Konsumsi Makanan Sehat

mengonsumsi makanan sehat sebagai cara menghilangkan jerawat
Konsumsi makanan sehat untuk menghindari terbentuknya jerawat di wajah kamu - dokterbabe
Nah, untuk menghilangkan jerawat kamu juga perlu memerhatikan kesehatanmu dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat.
Konsumsilah sayuran berdaun hijau, buah dan makanan yang mengandung protein sehat seperti ikan. Selain itu makanan yang mengandung omega 3 juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit agar tidak muncul jerawat.
Jangan lupa juga konsumsi makanan kaya zinc seperti kefir, yoghurt, daging domba, labu dan ayam.
Sebuah studi menunjukkan bahwa tingkat zinc dalam tubuh dapat memengaruhi tingkat keparahan jerawat. Hindari juga konsumsi makanan beminyak, gluten, gandum, gula dan susu kemasan. Jika kamu ingin mengkonsumsi susu pilihlah susu murni.

8. Jangan Lakukan Ini

Jangan Lakukan Ini
Hindari memencet jerawat karena dapat membuat penyembuhan makin lama dan menyisakan bekas - dokterbabe
Jerawat pasti membuatmu kesal karena mengganggu penampilan. Nah, kalau kamu ingin kondisi membandel ini cepat enyah dari kulitmu, hindarilah tindakan-tindakan di bawah ini:
  • Tidak sabar dan memakai banyak produk sekaligus. Kamu tentu ingin jerawatmu cepat hilang, kan? Namun penanganan jerawat tidak bisa instan karena obat atau produk khusus jerawat butuh waktu untuk memberikan efek. Jadi, hindari pemakaian berbagai produk sekaligus.
  • Memencet jerawat. Tindakan ini justru bisa memperpanjang durasi penyembuhan jerawat dan malah meninggalkan bekas.
  • Terlalu sering membersihkan wajah. Sebagian orang mungkin mengira bahwa sering cuci muka bisa melenyapkan jerawat, tapi anggapan ini tidak tepat. Jerawat bukan kotoran yang bisa hilang dengan cuci muka, kondisi ini termasuk peradangan yang butuh waktu untuk sembuh. Keseringan cuci muka bisa membuat sisa-sisa bahan kimia dari pembersih muka menempel di kulit.
  • Berhenti menggunakan obat jerawat secara mendadak. Meski jerawatmu sudah hilang, jangan langsung menghentikan pemakaian obat begitu saja. Kurangilah frekuensi pakainya secara bertahap karena kulit juga butuh adaptasi, misalnya dari 4 kali per minggu menjadi 3 kali, lalu 2 kali pada minggu berikutnya hingga akhirnya berhenti sama sekali. 
Baca Juga: Cara Diet Alami Untuk Mendapatkan Tubuh Langsing dan Ideal
Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat yang alami dan efektif yang bisa kamu lakukan di rumah. Mulailah lakukan beberapa cara di atas, dan jaga terus kebersihan wajahmu. Ingat, hindari makanan penyebab jerawat dan mulai konsumsi makanan sehat.
close
==[ Klik Close 1X ] [ Close ]==